LANDASAN FRUSTRASI

Situasi hidup pada umumnya, setiap individu mampu melakukan penyesuaian tanpa ada kesulitan. Hal itu sering terjadi, namun, ketika proses penyesuaian melibatkan stres dan ketegangan. Hal ini selama adanya pengalaman dimana terdapat gangguan dengan perilaku goal-directed (tujuan-diarahkan), yang menyebabkan frustrasi menjadi aspek fungsi perilaku.

Arti dari frustrasi. Kebanyakan orang secara konstan bejuang untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan. Melawan kekuatan lilngkungan dapat mengganggu upaya individu untuk memenuhi kebutuhan tertentu atau sesuatu hal yang penting. Rintangan di jalannya untuk berkembang bisa timbul dalam bentuk peraturan, kode sosial, kepentingan orang lain yang berbeda-beda, situasi yang koompetitif, atau keinginan pribadi yang tidak terpenuhi yang berjuang untuk supremasi atas pemenuhan kebutuhan atau sebuah masalah. Setiap gangguan dengan perilaku goal-directed yang memungkinkan akan menimbulkan gangguan mental atau emosional merupakan dasar frustrasi.

Secara umum, mengalami rasa frustrasi bersumber pada kebutuhan yang tidak puas atau keinginan digagalkan. Pencapaian tujuan pribadi bisa digagalkan oleh masalah pribadi atau masalah sosial yang hadir dalam satu bentuk ataupun lain bentuk. Sebuah kendala tidak akan menjadi kekuatan yang menganggu atau menyebabkan frustrasi sampai individu mengenalinya sebagai acaman bagi dirinya sendiri.

Jika kendala adalah untuk berfungsi sebagai penghalang psikologis bagi seseorang, tujuannya harus berada dalam jangkauan kepentingannya. Sejauh ini perkembangan perilaku sebuah kelompok beserta adat istiadatnya mempengaruhi luas dan perasaan akan intensitas kebutuhan dan kepentingan membangkitkan proses yang terlibat dalam pemenuhan keinginan menjadi semakin kompleks. Oleh karena itu, ketidakmampuan akan dorongan untuk memenuhi keinginan cenderung menjadi salah satu sumber frustrasi.

Situasi penyebab frustrasi. Tidak ada satupun situasi meliputi faktor frustrasi yang mempengaruhi semua orang; juga tidak pada dirinya sendiri. Melekat dalam berbagai situasi yang dapat berfungsi sebagai penyebab frustrasi dapat digolongkan berdasarkan tingkat usia seseorang, latar belakang lingkungan atau budaya, dan status ekonomi.

TINGKAT USIA DAN FRUSTRASI. Selama hidupnya, keinginan untuk melakukan sesuatu yang dimiliki oleh suatu individu telah dihambat oleh kekuatan yang berbeda-beda dalam hal kelayakan dari tahap perkembangan. Contohnya bayi, dapat menunjukkan keadaan pada saat dia tidak mendapatkan kebutuhan vegetatif sehingga menyebabkan bayi dapat mengalami frustrasi. Anak kecil bisa saja memberontak atas toilet trainning atau menjadi marah ketika ia menginiginkan sesuatu yang berada diluar jangkauannya.

Anak yang lebih tua dan remaja lebih sering berkali-kali mengalami frustrasi yang berlebihan jika mereka membiarkan perilaku yang menyimpang tersebut keluar dari dalam diri mereka pada saat ini, tampaknya sangat penting bagi mereka. Pengalaman frustrasi orang dewasa biasanya berpusat pada hubungan dengan keluarga dirumah dan pekerjaan.

LINGKUNGAN SUMBER FRUSTRASI. Seseorang diharapkan dapat memenuhi kebutuhkan fisiknya sesuai dengan adat yang diharapkan dari kebudayaannya. Selama masa kanak-kanak dan remaja, pemenuhan keinginan dan desakan yang terkait dalam hubungan interpersonal menjadi sangat signifikan. Setiap individu dari segala usia memerlukan perhatian dan persetujuan dari teman-teman sebayanya; ia memiliki keinginan untuk mencapai kesuksesan dalam satu atau berbagai macam bidang, dan ia perlu merasakan perasaan akan memiliki.

Kondisi frustrasi yang berada diluar kekuatan seseorang untuk mengendalikannya, dapat menimbulkan emosi stress yang sangat hebat dan ketagangan. Situasi tersebut meliputi kategori ini yakni: penyakit yang menular, kontras penyakit menular, tiba-tiba terperangkap di dalam badai,  belajar mengenai kematian yang tidak terduga dari seorang teman dekat, kursi ditarik keluar dari bawah selama duduk, dan kejadian umum yang serupa. Sifat dan intensitas dari lingkungan yang dirangsang oleh frustrasi tergantung pada tingkat kestabilan emosi yang dimiliki oleh individu disetiap waktu yang ia alami.

Meskipun undang-undang dan kode perilaku yang ditetapkan untuk kesejahteraan individu, itu semua kadang-kadang sangatlah mengganggu dengan ekspresi yang jelas dari keinginan kuat untuk bertindak. Juga, perbedaan dalam adat sosial dari berbagai suku dapat dijadikan sebagai faktor dari frustrasi kepada seseorang yang berpindah-pindah dari satu suku ke suku yang lain. Kondisi ketidakbahagiaannya diintensifkan jika dia memiliki keinginan yang kuat untuk mendapatkan kehormatan didalam kelompok baru, tetapi menemukan sikap yang dimiliki sebelumnya dan kebiasaan perilaku yang tidak dapat diterima didalam situasi yang baru.

EKONOMI SEBAGAI SUMBER FRUSTRASI. Ketidakmampuan untuk menyenangkan penduduk sipil. Orang dapat mengembangkan dorongan yang kuat untuk memiliki rumah baru, mobil baru, perabotan baru, atau barang baru lainnya, karena teman atau tetangganya telah mempunyai artikel baru yang sama. Jika keinginannya tidak dapat terpuaskan, seseorang kemungkinan akan mengalami rasa frustrasi yang kuat, disertai dengan iri dan kecemburuan.

Setiap individu percaya bahwa mereka tidak akan mengalami frustrasi jika mereka memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Biasanya, bagaimanapun juga, meningkatnya pendapatan disertai dengan memperluas tujuan sosial. Biaya untuk kegiatan sosial yang meningkat cenderung lebih besar daripada yang telah diantisipasi, dengan akibat bahwa perasaan frustrasi telah diintensifkan daripada dikurangi seperti membayar cek ataulaba usaha menjadi lebih besar.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s